ILKOM BUKA SEMINAR UMUM, THE POWER OF LOBBYING AND NEGOTIATION

ILKOM BUKA SEMINAR UMUM, THE POWER OF LOBBYING AND NEGOTIATION

Progdi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan Seminar yang bertajuk “The Power Of Lobbying and Negotiation to Improve Your Marketing Skill”,  pada Sabtu, (14/12/2019) yang bertempat di Gedung H Lantai 7 Udinus.

Selain sebagai penilaian akhir ujian praktik materi Lobbying dan Negosiasi mahasiswa , seminar ini juga bertujuan untuk mendapatkan ilmu teknik Lobby dan Negosiasi yang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan bisnis, terutama dalam bidang marketing. Para peserta diajarkan bagaimana cara menjalin kerjasama yang baik dengan orang lain, cara berkomunikasi yang baik dengan relasi, serta nantinya saat lulus dan bekerja bisa menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan.

Dengan menghadirkan 3 pembicara yaitu Henry Riyanto selaku Direktur PT. Asian Raya Kargo, Rudi Siswanto owner dari Roodfoodie dan Edo Adiwijaya selaku Agency Director Recruiting Partner of Zurich yang masing-masing sangat ahli di bidangnya, seminar tersebut berhasil membuat para peserta terinspirasi akan kisah-kisah kesuksesan mereka.

Seminar yang menargetkan sasaran kawula muda ini berhasil menggaet sebanyak 170 peserta dari kalangan siswa dan mahasiswa. Selain membahas mengenai bagaimana melakukan lobbying dan negosiasi yang baik, seminar kali ini juga di buka oleh Kho, M. Cindy Karerina Suwondo selaku Ketua panitia serta perwakilan program studi Ilmu Komunikasi yaitu Okki Maria M.Si.

“Dalam sebuah lobbying maupun negosiasi yang terpenting adalah attitude, terdiri atas integrity, confidence, dan win-win dengan urutan step nya yaitu prepare (mempersiapkan), probe (menyelidiki),  propose (menawarkan) dan tentunya konsisten” ujar Henry.

Selain itu peserta juga diberikan penjelasan tentang Influence Skill yaitu keterampilan atau kemampuan untuk mempengaruhi seseorang yang juga penting saat ingin me-lobby atau bernegosiasi dengan orang. “Banyak orang salah kaprah bahwa Influence Skill biasanya harus orang yang terkenal dan berpengaruh. padahal sebenarnya berpengaruh itu tidak ada efeknya dengan keterkenalan atau ketenaran. Jadi, siapapun dapat mempengaruhi orang lain tidak peduli orang itu terkenal ataupun tidak. contoh, hidup saya sangat terpengaruh oleh orang yang bernama rika. disini ada yang bernama rika? Ya, rika itu istri saya. Hidup saya bisa serasa disurga atau dineraka tergantung sama dia.” ucap Edo seraya becanda.

Dalam acara seminar ini diharapkan peserta memahami ketika akan melakukan lobby dan negosiasi, kunci utamanya adalah membangun hubungan dan relasi yang baik dengan klien.

“Seminarnya sangat membantu karna ilmunya sangat bermanfaat untukku,” ucap dewi salah satu peserta seminar.

Tak kalah menarik dari 3 pembicara, seminar kali ini juga dihibur oleh Dance From Udinus (DFU) dan game – game yang menarik yang diakhiri dengan pembagian hadiah serta foto bersama dengan para pembicara.

Penulis : Ade purwaningsih

Fotografer : Ivan Naufal Falah

Editor : Amrina Rosyada

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: