APTIKOM GELAR ICIC DI UDINUS SEMARANG UNTUK SAMBUT INDUSTRI 4.0

International Conference on Informatics and Computing (ICIC) tahun ini menghusung tema Towards Digital Economy Sovereignty through Empowering Artificial Intelligence in Industry 4.0. Seminat tersebut berlokasi di ruang auditorium gedung H lantai 7 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Rabu (23/10).

ICIC merupakan serangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) 2019.yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM). Tema tersebut diusung guna memperkuat masyarakat ekonomi digital melalui inovasi industri kreatif di era revolusi industri 4.0.

Seminar yang dilengkapi para pembicara terkemuka dari mancanegara. Di antaranya Prof. Hans Jurgen Zepermick selaku professor of Radio Communication Blekinge sekaligus dari institute of Technology Sweden, Prof. Teddy Mantoro selaku professor iin Computer Science of Sampoerna University, Prof. Dato Norbik pewakilan dari International Islamic Universityshah Idris yang juga dari Kulliyah of Information Communication and Technology (ICT) in International Islamic University Malaysia (IIUM). ICIC tersebut dimoderatori Prihandoko, S.Kom, MIT, PhD, wakil direktur Aptikom pusat.

Wakil Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tri Wibowo, turut hadir untuk memberikan sambutan. Mengenai integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada kota pintar. Sebuah kota disebut kota pintar atau smart city jika sudah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi, hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari, ucapnya.

Konferensi ini sebagai platform utama untuk menyediakan dan bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman di bidang Ilmu Komputer. Diadakan setiap tahun guna menjadikannya platform yang ideal bagi orang-orang untuk berbagi pandangan dan pengalaman dalam bidang informatika, komputasi, dan teknik. “Calon penulis juga diundang untuk menyerahkan makalah penelitian asli yang belum diserahkan atau diterbitkan oleh konferensi atau jurnal lain, makalah yang dikirim akan ditinjau sejawat dan makalah yang diterima akan disajikan kedalam ICIC 2019, ujar Supriyadi selaku Wakil Rektor Bidang Satu Udinus.

Sementara itu, para keynote speakers juga diundang dalam acara tersebut, salah satunya adalah Prof. Hans-Jurgen Zepernick yang mempresentasikan Visual and Interactive Computing for Immersive Mobile Multimedia in 5G and Beyond yang menceritakan perkembangan teknologi masa kini. Hal ini sangat berguna bagi Udinus, karena Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan segera membuat Digital Business.

Hamdam Atmam asal STT Terpadu Nurul Fikri Depok, Jawa Barat yang bertugas sebagai speaker mengutarakan Saya lebih fokus apa kata Prof. Hans, bahwa teknologi yang akan dipersiapkan untuk waktu dekat ini adalah 5G, yang juga digunakan untuk X-AR,” tuturnya.

Penulis : Rafi Syauqie Arjuna

Fotografer : Endang Khoirun Nisa

Editor : Almira Felicia

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: