270 Maba FIB 2019 Ikuti Seminar Peluang Karir

270 Maba FIB 2019 Ikuti Seminar Peluang Karir

Seminar bertajuk peluang karir di bidang bahasa bagi mahasiswa humaniora diikuti oleh 270 mahasiswa baru (maba) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 2019 (4/9). Seminar tersebut bertempat di Aula Gedung E Udinus, dengan mendatangkan narasumber Gatot Prastowo (Pras), beliau menjabat sebagai Human Resources (HR) dan General Affair Manager (GA) Tribun Jateng. Acara tersebut disambut dengan antusiasme para maba ketika sesi tanya jawab berlangsung.

Acara itu bertujuan membagi info penting bagi mahasiswa baru FIB tentang peluang karir setelah lulus nanti. Selain itu, di era revolusi industri membuka banyak peluang bagi semua orang, bahkan ada beberapa pekerjaan masa kini yang ternyata bisa menghasilkan, seperti content creator hingga online reporter (citizen journalist) yang menyampaikan peristiwa penting melalui laman medsosnya, yang secara tidak langsung juga belajar untuk menyampaikan berita. Menggunakan sosial media dengan baik, bijak dan kreatif merupakan salah satu cara membangun citra diri positif

Pras mengungkapkan, armada reporter Tribun tidak sampai 100 orang di wilayah Jateng. Tribun mengambil beberapa berita viral dari citizen journalist. Banyak hal yang dibahas dalam seminar ini, salah satunya tentang peluang karir dalam industri media bagi mahasiswa humaniora khususnya bahasa.

Beliau mengatakan, “salah satunya reporter atau editor. Seperti yang diketahui, Tribun merupakan salah satu Koran lokal terbesar di Indonesia dengan jaringan nasional di 27 Provinsi dengan produk cetak dan digital. Sebanyak 28 koran cetak dan 60 produk digital dengan variasi segmen.” Ungkapnya.

Nabila Rizky sebagai Gubernur FIB mengungkapkan harapannya bagi para maba  “Harapannya mahasiswa fib bisa berprestasi, punya banyak wawasan dan bisa lebih baik lagi kedepannya.” ungkapnya.

Mahasiswa  baru FIB jurusan Sastra Inggris, Desinta Mutiara mengungkapkan kesannya setelah mengikuti seminar tersebut

“kesannya jadi lebih tahu arah gambaran kalau sudah lulus nantinya gimana, seru dan senang karena menambah teman baru juga.” tutupnya.

Penulis : Safira Nur U

Fotografer : Shaqila Angra P

Editor : Hanifatul Hashinah Hannan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: