Pers Kampus Wartadinus Hadirkan Kru TVKU Dalam Mini Workshop Jurnalistik

Pers Kampus Wartadinus Hadirkan Kru TVKU Dalam Mini Workshop Jurnalistik

Pers kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Wartadinus adakan mini workshop jurnalistik yang dihadiri oleh 20 peserta mahasiswa maupun pelajar. Acara tersebut berlokasi di gedung serbaguna D.1 Udinus pada Sabtu, 29 Juni 2019.

Acara workshop JURNAL(IS)ME mengambil tema “Siapapun Kamu, Bisa Jadi Jurnalis” dimaksudkan supaya jiwa anak muda tergerak dan menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sosial dan mampu mempublikasikannya sesuai kaidah jurnalistik. Peserta disuguhkan materi dari dua pembicara yang sudah ahli dibidangnya yaitu Siswo Pranoto A.Md.Kom, S.Sn. yang juga menjadi dosen ilmu komunikasi di Udinus, kemudian pemateri berikutnya diberikan oleh presenter TVKU Myra Azzahra Peserta. Peserta tidak hanya diajarkan materi jurnalistik, tapi juga mempraktikkan langsung di lapangan.

Materi pertama dibawakan oleh Siswo Pranoto yang penyampaian teknik pengambilan gambar jurnalistik. Teknik yang diajarkan seperti macam-macam angle camera yang cocok untuk peliputan jurnalistik. Pembicara selanjutnya dibawakan oleh Myra Azzahra mengenai teknik penyampaian berita dan wawancara seorang reporter. Myra mengajarkan bahwa ketika menjadi seorang reporter mental harus selalu siap, materi harus di kuasi secara matang dan pemilihan serta penyampaian kata harus jelas.

Ketua Pelaksana workshop Jurnalistik Mila Elmeida berharap dengan adanya pelatihan seperti ini generasi millenial dapat mengetahui cara menyampaikan berita yang baik dan benar, supaya hoax yang beredar di masyarakat dapat diatasi. “Pelatihan ini sebagai wadah pembelajaran dalam teknik pengambilan reportase maupun penulisan reportase agar peserta mengetahui cara penyampaian reportase yang baik dan benar sehingga dapat menanggulangi penyebaran hoax yang beredar di masyarakat,” ungkapnya.

Praktik pembuatan berita reportase merupakan rangkaian dari acara lomba video reportase dan berita voice over dengan tema Udinus. Di penghujung acara karya terbaik akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi agar tetap semangat dan terus belajar.

Penulis : Hanif Wahyu Cahyaningtyas

Fotografer : Mahatma Yudha Prayitna

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: