Pentingnya Pelatihan Halal Lifestyle Bagi Remaja Masa Kini

Dosen manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) adakan pelatihan Halal Lifestyle (HLS). Pelatihan tersebut mengajarkan praktik gaya hidup islami ditujukan kepada siswa-siswi Madrasah aliyah (MA) Rohmaniyyah Meranggen.

Iptek bagi Masyarakat (IbM) merupakan program yang dilakukan oleh dua dosen Manajemen ahli yaitu Hendri Hermawan Adinugraha, SEI, MSI dan Mila Sartika, SEI, MSI. Kedua dosen sudah sangat ahli dibidangnya yaitu Manajemen Halal dan Ekonomi Syariah. Sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan dapat dikemukakan bahwa populasi Muslin di dunia 1,6 miliar orang. Jumlah tersebut sudah mencapai 25% dari total populasi dunia yang mencapai 7 miliar. Bahkan menurut laporan dari State of the Global Islamic Economy 2014-2015,  pengeluaran konsumen Muslim berpotensi mencapai $3,7 triliun. Angka tersebut merupakan perhitungan pada sektor makanan dan gaya hidup saja.

“Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa riset, saat ini jumlah penduduk muslim merupakan umat mayoritas di Indonesia dan permintaan terhadap produk berlabel halal juga semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu adanya edukasi budaya bergaya hidup halal agar nantinya lebih terarah,” ungkap Hendri Hermawan selaku pembawa materi pada pelatihan tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu, 15 Desember 2018  diikuti oleh 32 siswa. Pelatihan tersebut diadakan di ruang kelas dan para peserta tampak sangat antusias. Terbukti dari adanya interaksi tanya jawab yang aktif antara pembicara dan peserta. “Alhamdulillah antusiasme mereka sangat tinggi, terlihat dari hidupnya dialog interaktif mengenai edukasi HLS ini. Ditambah lagi ada doorprize yang menambah antusias mereka,” ujar Hendri.

Pelatihan HLS ditujukan kepada remaja masa kini. Karena nantinya mereka akan menjadi pelaku sekaligus pemelihara budaya bergaya hidup halal. Hendri juga berpesan pada seluruh remaja islami masa kini “Mulailah bergaya hidup halal dari sekarang, dengan HLS maka Insyallah seluruh tindakan dan perilaku kita juga hasilnya kan baik dan bermartabat,” tutupnya.

Penulis: Haris Rizky Amanullah

Editor: Mila Elmeida

Related Post

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: