BEM Fkes Hadirkan Pembicara Ahli di Bidang Teknologi Pada Seminar Nasional Kesehatan

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan ( BEM Fkes ) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan Seminar Nasional 2018 pada Sabtu (15/12). Seminar tersebut diadakan di Gedung E lantai 3 Udinus. Dengan mengangkat tema “Potret Media Informasi Kesehatan Digital bagi Generasi Milenial”

Seminar tersebut bertujuan supaya mahasiswa tidak hanya mengetahui tentang ilmu kesehatan tetapi mengetahui perkembangan teknologinya terutama melalui media online yang mencangkup tentang dunia kesehatan. Pembicara pada seminar nasional tersebut adalah Dr. Mohammad Fadjar Wibowo. MD. M. Sc yang merupakan Medical Director di Smart Health dan Dr. Fadli Wilihandarwo sebagai CEO Pasineia.

Pembicara Pertama Dr. Fadjar yang menjelaskan tentang Smart Health, berita kesehatan berisi tentang artikel-artikel kesehatan. Beliau juga menjelaskan tentang mHealth (mobile health). mHealth merupakan gadget yang memiliki fungsi untuk informasi dan konsultasi penyakit. Menurut penelitian melalui gadget tersebut, di Indonesia sekitar 51,06% masyarakat mencari informasi kesehatan sendiri dari media online dan 14,05% lainya konsultasi dengan dokter melalui situs atau media online. mHealth telah berkembang di berbagai Negara maju, 3 di antaranya Jerman, Inggris (UK), dan Swedia yang memiliki health care yang terbaik. Jadi diharapkan untuk Indonesia bisa terus mengembangkan JKN mobile, Keluarga sehat, dan primaku sebagai mHealth di Indonesia agar sistem health care nya dapat berkembang.

Pembicara kedua Dr. Fadli, beliau menjelaskan tentang Pasienia. Pasienia adalah aplikasi dengan fungsi untuk menghubungkan pasien dengan keluarga berbagai pengetahuan dan informasi terkait penyakit yang dideritanya. Aplikasi tersebut layaknya media sosial untuk saling curhat satu sama lainnya antara pasien. “aplikasi ini dibuat khusus untuk pasien yang menderita penyakit seperti kanker, mereka bisa sharing, mengobrol, maupun curhat. Karena biasanya orang yang memiliki penyakit susah untuk terbuka. Akan tetapi dengan aplikasi ini diharapkan mereka bisa terbuka dan tidak merasa sendirian. Karna di sini mereka saling menukar informasi dan dukungan”, ujarnya

Seminar tersebut dihadiri 337 peserta dari Fakultas Kesehatan dan Fakultas Ilmu Komputer. Acara yang berlangsung selama 3 jam juga dimeriahkan oleh Tari Geong Denok dan lagu dari Paduan Suara (Padus) Gita Dian Nuswantoro. Peserta juga terlihat antusias dalam mempelajari teknologi baru yang dibawakan oleh para Narasumber. “udah bagus sih di Indonesia kan perkembangan IT masih agak kurang masih belum maju. Nah ini semoga saja perkembangan media digital terutama di bagian kesehatan semoga ke depan makin bagus seperti Negara maju di depan sana”, kata Amel dari D3 rekam medis Udinus selaku peserta seminar.

Nandira Putri Azalia selaku ketua pelaksana seminar berharap mahasiswa Kesehatan bisa mengembangkan IT mereka. “harapannya anak-anak Fkes lebih bisa menggunakan IT, kalau bisa dimanfaatkan seperti yang sudah disampaikan pembicara. Jangan Cuma kalau lulus langsung kerja gitu-gitu aja, tetapi tuh wawasannya luas. Maksudnya kita tuh bisa masuk ke peluang start-up dunia digital”, ujarnya.

Penulis & Fotografer : Wahyu Putri Prihayanti

Editor : Haris Rizky Amanullah

Related Post

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: