Berbagi Ilmu Dengan CANOPY Magz

Berbagi Ilmu Dengan CANOPY Magz

LPM Wartadinus mendapatkan undangan untuk memberikan pelatihan atau workshop di SMA Negeri 12 Semarang pada hari Jumat, 03 Maret 2017. Dalam kunjungannya kali ini Wartadinus mengirim beberapa delegasinya untuk mengisi dan memberikan ilmu mengenai dasar dasar jurnalistik kepada pers siswa yang ada di SMA Negeri 12 Semarang dengan nama CANOPY.

pemateri 1 menjelaskan tentang jurnalis
pemateri 1 menjelaskan tentang jurnalis

Pers siswa ini merupakan salah satu ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 12 dalam bidang jurnalis. Pers siswa ini juga sudah memiliki hasil cetak berupa majalah yang diberi nama “CANOPY Magz”. Salah satu pendiri dari majalah CANOPY Magz adalah Mas Teguh yang juga menjadi pembina dan bagian dari Jago Creative yaitu sebuah Event Organizer. Didalam CANOPY ini di bagi menjadi 2 peminatan yaitu jurnalis dan fotografer.

Mas teguh mengatakan tujuannya mendirikan majalah sekolah ini yaitu karena beliau seneng membuat majalah dan juga merupakan produk dari Jago Creative untuk membuat SCHOOL MAGZ di sekolah sekolah, dan terhitung hingga tahun ini sudah ada sekitar 7 sampai 8 sekolah tingkat SMA dan SMK berhasil didirikan majalah sekolah dari hasil produk Jago Creative untuk membuat SCHOOL MAGZ . Mas Teguh selaku pembina juga menambahkan “setiap seminggu sekali secara rutin pada hari Rabu CANOPY mengadakan pertemuan untuk melakukan pengumpulan berita dan membahas tema majalah untuk edisi berikutnya”.

Mas Teguh mengundangkan Wartadinus untuk memberikan pelatihan jurnalistik ini karena melihat dari event Dinusfest bulan Januari lalu dan merasa cocok dengan Wartadinus untuk memberikan pengarahan di CANOPY SMA Negeri 12 Semarang. Beliau juga mengatakan “kita juga telah melakukan kunjungan dan mengundang beberapa LPM untuk memberikan pelatihan semacam ini, namun dari pihak kita merasa kurang cocok”.

pemateri 2 tentang penulisan berita dan artikel
pemateri 2 tentang penulisan berita dan artikel

Di dalam kunjungan kali ini Wartadinus memberikan materi berupa dasar dasar dari jurnalistik mulai dari cara menentukan tema, cara menulis berita, hingga macam macam bentuk berita atau artikel. Selain itu juga memberikan materi tentang fotografi agar mendapat hasil yang bagus tanpa menggunakan peralatan yang mahal. Dan di akhir sesi Wartadinus memberikan tantangan kepada seluruh anggota CANOPY untuk membuat sebuah artikel dengan tema bebas yang ada di sekolah mereka. Tantangan ini bertujuan agar siswa atau anggota CANOPY bisa mempraktikan apa yang telah di berikan oleh kakak kakak dari Wartadinus.

pemateri 3 tentang fotografi
pemateri 3 tentang fotografi

Rahmat salah satu anggota CANOPY mengatakan “saya sangat senang dan mendapat lebih banyak ilmu tentang fotografi jurnalistik, dan saya berkeinginan untuk lebih mendalami lagi”. Selain itu Mas Teguh juga memberikan harapannya untuk CANOPY setelah mendapat ilmu dari Wartadinus, “harapannya agar materi isi dari CANOPY Magz lebih bagus lagi, dan mengembangkan lagi kemampuan dibidang jurnalis”.

kebersamaan usai acara berakhir
Wartadinus x CANOPY kebersamaan usai acara berakhir

 

Oleh       : Rifqi Hidayat

Reporter : Dini Cantik N S

Related Post

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: