TIPS DAN TRIK MENJADI PENYIAR RADIO YANG HANDAL

TIPS DAN TRIK MENJADI PENYIAR RADIO YANG HANDAL

oleh Airin Ayu

Hay guys kalian tau gak sih ? kalau dunia penyiaran saat ini telah berkembang sangat pesat loh. Tidak hanya dunia pertelevisian namun didalam dunia radio seorang penyiar juga di tuntut untuk memiliki beberapa basic yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang penyiar radio yang baik dan benar. Nadia Ardiwinata selaku marketing director radio Idola pun angkat bicara dalam memilah dan memilih penyiar radio yang benar – benar telah berkompetent untuk mengisi ruang kosong di Radio Idola sendiri.

“Untuk menjadi seorang penyiar radio kita harus memiliki beberapa basic dasar yang memang semuanya tidak dapat dipelajari dengan mudah dan instant namun harus sudah tumbuh dari dalam diri si penyiar radio dan telah menjadi sebagian karakter” ungkapnya.

Nadia Ardiwinata
Nadia Ardiwinata

Nah saat ini ibu Nadia akan memberikan kalian beberapa tips dan trik untuk kalian yang memiliki cita – cita sebagai penyiar radio atau kalian sebagai penyiar radio pemula, dan berikut adalah tip – tips dasar yang kalian harus ikuti :

  1. Suara.

Memiliki suara yang enak di dengar dengan intonasi yang jelas adalah salah satu basic dasar yang harus dimiliki oleh setiap penyiar radio di Dunia. Untuk memulainya kalian harus mengucapkan huruf vocal dengan jelas dan dengan suara yang tidak cempreng.

  1. Wawasan yang Luas.

Memiliki wawasan yang luas tidak hanya di tuntut di dunia penyiaran televisi namun juga di dalam dunia penyiaran radio. Bagaimana jika nanti kalian membawakan suatu pengetahuan namun kalian sendiri sebelumnya tidak mengerti apa yang menjadi seluk beluk dari pengetahuan yang akan kalian bawakan, kan gak lucu? . Untuk itu mulai lah mempunyai wawasan yang luas adalah rajin – rajinlah dan banyak membaca buku dan berita setiap hari.

  1. Memiliki Cara Pembawaan yang Enak.

Dalam menyiarkan suatu tema di radio seorang penyiar dituntut untuk membawakan acara tersebut dengan jelas. Jika tadi kalian telah mempelajari bagaimana seharusnya seorang penyiar radio memiliki intonasi dan suara yang baik, saat ini kalian akan mempelajari bagaimana cara menjadi penyiar radio yang enak membawakan suatu acara yaitu dengan memiliki kosa kata bahasa Indonesia yang banyak. Tidak mungkin jika nanti seorang penyiar radio terkadang tergagap – gagap untuk mengatakan atau mengungkapkan suatu hal yang sudah menjadi ganjalan dihatinya.

  1. Menjadi Pribadi yang Menyenangkan.

Terakhir untuk basic dasar yang harus dimiliki seorang penyiar radio adalah menjadi pribadi yang menyenangkan. Jadilah pribadi yang menyenangkan dan buat sesuatu hal kecil apapun itu untuk enak kamu bicarakan ditelinga para pendengarmu. Sebagai latihannya banyak – banyaklah berkomunikasi dengan orang disekitarmu tentunya dengan sopan santun yang benar dan mencerminkan kepribadian Bangsa Indonesi lho.

Nah, itu tadi beberapa tips dan trik atau pelatihan dasar dari ibu Nadia Ardiwinata untuk menjadi seorang penyiar radio yang handal. Menjadi penyiar radio yang handal dan memiliki banyak pendengar setia mungkin adalah hal yang sangat susah untuk dicapai bahkan memiliki waktu yang panjang untuk kalian raih namun dengan usaha yang kuat dan doa apapun akan menjadi mudah dan ringan.

Untuk kalian semua yang ingin menjadi penyiar radio semangat dan teruslah berusaha =) .

Related Post

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: