Pepaya, Buah Dengan Sejuta Manfaat

Pepaya, Buah Dengan Sejuta Manfaat

Siapa yang suka makan buah? Teman-teman yang suka makan buah pasti tahu buah yang satu ini. Yap, Pepaya atau buah dengan nama latin Carica Papaya ini disebut buah dari malaikat oleh penemu benua amerika, Christopher Columbus.
Teman-teman udah tau belum semua manfaat yang ada pada buah ini? Buah Pepaya ini bukan hanya enak dimakan saja, tetapi juga bermanfaat bagi anggota tubuh kita. Bahkan, daun-daunnya yang berasa pahit saat dilalap juga punya sejuta manfaat.
Buah Papaya yang lembut mengandung banyak vitamin dan nutrisi bagi tubuh kita, diantaranya adalah Vitamin A, B, C ,asam folat dan pantotenat. Selain itu buah pepaya mempunyai konsentrasi tinggi Pro vitamin A, C, dan E yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Hal ini untuk membantu menyingkirkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Buah yang satu ini juga rendah akan gula sehingga dapat dimakan oleh para penderita diabetes.
“ Saya suka banget sama buah pepaya. Rasanya itu enak sekali.Biasanya saya menikmatinya dengan cara di jus atau dimakan langsung. Buah pepaya juga, yang saya tahu, banyak vitamin C nya, “ ucap Lilis Mardiana, salah satu siswi kelas XI IPA 3 SMAN 1 P.Bun.
Ibunda Lilis,Jubaidah, juga punya tips agar dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya karena dia sangat suka mengolah daun pepaya menjadi lauk pauk. Biasanya daun pepaya itu direbus beberapa lama untuk menghilangkan pahit kemudian segera ditiriskan. Lalu dicampur rempah-rempah dan ditumis.
“ Pepaya itu rasanya enak dan khas. Saya suka banget sama pepaya yang mankel ( setengah matang). Biasanya,sih, saya rujak dan dimasak sebagai sayur.” Kata Umi Auliani, siswi XI IPA 2 SMAN 1 Pangkalan Bun. Berbeda dengan Umi , Rahmaida sangat menyukai bunga pepaya. Biasanya bunga pepaya itu ditumis atau direbus.
“ Saya suka menumis bunga pepaya itu dengan tempe dan kakung. Itu favorit saya” ucapnya senang.
Kalau Emiliya Young lebih menyukai bunga pepaya yang dicampur dengan udang kecil atau ebi dengan rasa pedas.
“ Saya suka makan bunga  pepaya. Apalagi ,kan, daun pepaya juga dapat menyembuhkan penyakit seperti malaria” kata Emilia.
Selain itu buah pepaya ini juga bermanfaat bagi remaja-remaj yang sayang pada wajahnya. Buah pepaya dapat meremajakan dan mencerahkan kulit. Tapi, pepaya dengntingkat kematangan tertentu. Pepaya yang matang dapat membuat kulit lebih cerah dan pepaya yang mentah dapat meremajakan kulit. Pepaya juga dapat digunakan sebagai masker . Caranya, tinggal sediakan buah pepaya. Kemudian blender dan usapkan pada wajah anda. Lalu diamkan selama 15-20 menit.Lalu bilas dengan air bersih.
Saniah, salah satu siswi SMAN 2 P.Bun pernah mencoba menggunakan masker pepaya.
“ Saya menggunakan buah yang setengah matang. Lalu potong dan hancurkan dengan halus. Kemudian saya segera usapkan ke wajah selama 3 menit. Fungsi dari masker itu ,kan, membuat wajah segar dan terlihat muda” kata Saniah.
Selain itu biji pepaya juga sangat bermanfaat. Biji pepaya yang berwarnan hitam ini dapat mencegah atau melawan bakteri salmonella atau E.coli, lalu membunuh parasit dalam pencernaan, membersihkan hati dan menjaga kesehatan ginjal.  Selain itu daun pepaya yang pahit juga bermanfaat seperti dapat mempelancar ASI, mencegah demam berdarah, menjadi obat jerawat, mengurangi rasa nyeri saat haid, dan anti kanker. Sebenarnya, bukan hanya daunnya saja yang dapat menjadi anti kanker, tetapi batangnya juga karena mengandung milky lateks atau getah putih bagai susu
Akar pepaya pun dapat digunakan sebagai obat ginjal. Buah, daun, getah dan biji pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu untuk pencernaan protein. Buah pepaya dapat dinikmati sebagai rujak, jus, es buah, manisan, dan sayur bening saat masih muda. Daun dan bunga pepaya juga dapat dijadikan lauk pauk dengan cara ditumis.
Nah, sekarang teman udah tau kan manfaat dari buah pepaya. Bukan hanya buahnya saja, hampir semua bagian tubuh pepaya punya manfaat. Jadi makin cinta ,kan ,sama buah yang satu ini?

 

Dari Berbagai Sumber : Google.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: