Youtube tak Sekedar Video Online

Youtube tak Sekedar Video Online

Siapa sih yang tak kenal youtube, sebuah platform digital yang sekarang ini digemari oleh anak anak muda pemengang gadged berlayar landscape ini ,dengan mudahnya mobilitas di era sekarang ini, youtube lebih di pilih untuk mengisi waktu luang bagi para penikmat visual seperti video dan music, mengingat konten yang ditawarkan youtube bersifat rewatching atau bisa dilihat ulang. Maka banyak masyarakat memilih media youtube yang mampu dilihat kapan saja tanpa harus melihat jadwal tayang video tersebut. Banyak genre yang ditawarkan oleh youtube itu tersendiri, seperti vlog, comedy, sport,music,tutorial, kids dll. Melihat banyaknya pengguna situs youtube ini dimanfaatkanlah oleh pembuat video kreatif yang sekarang ini banyak memulai karir di social youtube. Sebut saja Bayu Skak SkiniIndonesia24, LastdayProduction, ChandraLiow, Layarianetwork, bahkan salah satu mahasiswa Udinus Nata B A K A.

youtubers-1

Di youtube banyak kreator video yang mencari materi di youtube, mengingat kepopuleran youtube yang sekarang ini lebih di pilih ketimbang televisi yang dianggap kurang bermutu.Contoh seperti bayu Skak yang menembus angka 30jt/bulan dari video yang unggahnya di youtube,

Tak hanya sekedar upload dan mendapatkan uang saja, banyak hal yang menjadi pertimbangan youtube untuk memasang iklan di chanel kita, pertimbangan yang di pilih youtube ialah, video berasal dari ide kreatif sendiri, bermanfaat bagi pelanggan channel. Dan yang terpenting adalah berapa lama durasi yang di lihat.

Berikut tips bagi pemula :

  1. Membuat channel atau saluran Pribadi.

Membuat saluran anda sendiri di youtube menjadikan anda lebih leluasa dalam hal memanage video baik itu upload,remove ( hapus ) dan lain-lain. Membuat sebuah akun youtube kini sudah menjadi satu paket dengan Google Mail ( email google ),google drive dan aplikasi google lainnya.

  • Silahkan daftar dengan akun Gmail anda.
  • Tambahkan sebuah kata kunci tertentu untuk mempermudah audiens dalam menemukan saluran anda.
  • Pastikan kata kunci yang anda buat relevan dengan konten video yang akan anda publikasikan.
  • Gunakan nama channel yang mudah di ingat dan bersahabat.

 

  1. Menambahkan konten/video di akun anda.

Ini saatnya anda upload video ke akun youtube yang sudah dibuat. Cobalah untuk menciptakan video yang berkualitas dan tidak terlalu panjang namun akurat dalam hal penyampaian. berikut beberapa tips untuk anda sebelum upload video ke youtube :

  • Usahkan sebelum di upload ukuran total diperkecil / kompres agar proses upload menjadi lebih cepat ( ini akan saya bahas di artikel berikutnya )
  • Meningkatkan kualitas konten video dengan perlatan yang lebih baik seperti kamera,software editing dan lain-lain.
  • Upload video anda secara konsisten untuk terus membangun kepercayaan pelanggan saluran anda terhadap apa yang sudah anda buat.
  • Pastikan anda memberikan video dengan kata kunci yang mampu menjelaskan konten dan deskripsi yang enak dibaca oleh penonton.Hal ini akan sangat berpengaruh untuk hasil pencarian orang dalam menemukan video anda.

 

  1. Banyak pentonton banyak UANG.

Carilah pentonton sebanyak mungkin untuk memaksimalkan penghasilan iklan anda.Anda membutuhkan pentonton untuk memonetisasi video yang anda buat. Caranya..?? Tidak ada rahasia disini gan..!! salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan pemirsa anda adalah hanya dengan membuat konten terbaik anda dan otomatis mereka akan datang dengan sendirinya.

  • Konsisten upload video agar mereka ketagihan dengan video yang anda ciptakan.Carilah pelanggan youtube sebanyak mungkin karna merekalah mitra yang baik untuk menghasilkan uang dari video anda.
  • Jangan lupa untuk tetap bersosialisai atau menanggapi komentar dari pelanggan anda untuk mencipatakan sebuah ikatan komunitas yang kuat.

 

  1. Memonetisasi video anda.

Pada poin ini anda sudah harus mendaftarkan video ke pihak YOUTUBE untuk mencari uang sebanyak mungkin. Disini anda dituntut untuk melakukan aktifasi Monetisasi yang berarti anda sudah memberikan izin YouTube untuk menempatkan iklan di video anda. Dengan ini juga anda mengakui bahwa di video anda tidak terdapat Hak Cipta.

  1. Share Video anda di Social Media atau Blog.

Jangan biarkan video anda nganggur di youtube.Gunakan fitur Embedding untuk memaksilkan Views pada video anda seperti membagikannya melalui Facebook,Twitter atau berupa artikel di blog,website dan bahkan Forum sekalipun. ( fatkhur )

Related Post

Potensi Indonesia Menjadi Negara Maju

Prediksi beberapa lembaga keuangan Beberapa lembaga keuangan internasional –sebagaimana dikutip dari belanegarari.com– memprediksi bahwa Indonesia…

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: