Pentingkah Latihan Public Speaking?

Pentingkah Latihan Public Speaking?

Doc. sites.austincc.edu
Doc. sites.austincc.edu

Baru-baru ini indonesia tercatat menjadi salah satu pendukung dan penggerak MEA. Banyak masyarakat asing bersaing bersama masyarakat lokal. Jika kondisi seperti ini, pentingkah pelatihan public speaking?

Sebelum itu kita pahami dulu apa itu Public  Speaking. Public speaking adalah komunikasi lisan dengan banyak orang atau berbicara didepan umum dengan maksud tertentu. Beberapa tujuannya adalah memberikan informasi, berdebat, memimpin rapat, memberi hiburan, memandu acara, presentasi, mengajar, dan lain-lain. Dalam public speaking, pendengar (audience) lebih sering memperhatikan mimik wajah , ekspresi dan bahasa tubuh, kemudian tekanan suara atau teknik vocal, dan terakhir kata-kata yang Anda ucapkan.

Tentu hal ini tak akan mudah tanpa persiapan. Untuk itulah pelatihan public speaking dibutuhkan guna melatih kemahiran dalam berbicara didepan umum. Inti dari pelatihan public speaking sendiri adalah tentang bagaimana  artikulasi, intonasi, mimik, serta ekspresi yang benar. Intonasi yang benar akan menarik perhatian audience, ekspresi yg menarik juga akan membuat audience memperhatikan apa yang akan kita sampaikan. Jadi pelatihan public speaking sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja kita kelak entah untuk bersaing dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ataupun bersaing dalam dunia kerja. Untuk apa punya otak cerdas tapi tak mahir berkomunikasi?

(Fina)

Related Post

Potensi Indonesia Menjadi Negara Maju

Prediksi beberapa lembaga keuangan Beberapa lembaga keuangan internasional –sebagaimana dikutip dari belanegarari.com– memprediksi bahwa Indonesia…

2 Comments on “Pentingkah Latihan Public Speaking?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: