Release Party kenalkan TealinuxOS “Jasmine”

Berita Event Event KampusKU Teknologi

Release Party kenalkan TealinuxOS "Jasmine"   Linux, semua orang tak asing dengan kata ini. Linux adalah system operasi bertipe Unix yang diimplementasikan tahun 1960-an. Sistem operasi ini selalu mengalami perkembangan modernisasi yang diperani oleh beberapa komunitas. Salah satunya DOSCOM (Dinus Open Source Community). Enam produk Tealinux OS yang berupa perkembangan turunan Linux diproduksi oleh DOSCOM, dimulai tahun 2008. Pada tahun 2009, release party pertama diadakan untuk peresmian produk Tealinux OS 1.0 Green Tea. Semua Tealinux OS yang dikembangkan DOSCOM tiap tahunnya memiliki code name dengan nama jenis teh. Pemilihan nama jenis teh beralasan bahwa Tealinux dibuat senyaman minum teh, ungkap Pak Edi Mulyono selaku Pembina DOSCOM saat sambutan release party yang keenam.

   Minggu, 4 Mei 2014, pukul 09.00, bertempat Gedung E lantai 3 UDINUS, release party Tealinux OS 6.0 diadakan. Produk kali ini memiliki code name “Jasmine” atau teh melati. Acara yang dibarengi seminar nasional dengan tema Mobile Applicaton Development, menghadirkan lebih dari 100 peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK, mahasiswa sampai umum.

   Seminar nasional oleh DOSCOM menghadirkan pembicara tiga orang yang hebat. Diantaranya yaitu Dwi Cipto, Oon Arfiandwi dan Sofyan R. Dwi Cipto adalah seorang Project Manager dari Tealinux OS yang juga seorang mahasiswa UDINUS. Dia memaparkan kelebihan-kelebihan tentang produk Tealinux OS  6.0 Jasmine dibanding produk-produk sebelumnya. Oon Arfiandwi, beliau adalah Chief Technology Officer dan CO-Founder 7 langit berupa Mobile Application Development dan Agency sejak 2009. Oon Arfiandwi yang lebih sering dipanggil Wawan, menjelaskan tentang perjalanannya menjadi saat sekarang dan tentang 7langit. Kemudian Sofyan R., beliau adalah Mobile Developer. Beliau menjelaskan bagaimana membentuk dan menghasilkan produk IT yang laris. Faktor utama produk laris menurut Sofyan adalah galau dan kepo. Galau itu harapan dan kepo itu perlu. Contoh produknya Instagram, Facebook, Google, dan sebagainya.

   Semua peserta menyimak acara ini hingga waktu akhirnya acara. Semua peserta dibekali Driver CD Tealinux OS Jasmine dan stiker secara gratis. Tentu saja hal ini membuat peserta berminat datang kembali untuk release party selanjutnya.

Reporter : agustina Dwimawarti

fotografer : alexander devanda

Tinggalkan Balasan