Make a better Character!

Event Event KampusKU

Make a better Character!   Dewasa ini permasalahan degradasai kejujuran pada generasi muda semakin akut. Hal tersebut erat kaitannya dengan pembangunan karakter atau yang biasa disebut character building. Seperti kita ketahui beberapa tahun terakhir pemerintah mencanangkan program pendidikan karakter di berbagai jenjang pendidikan terutama pendidikan menengah dan atas. Akan tetapi, peran aktif mahasiswa dalam membangun karakter bangsa juga dibutuhkan guna membentuk mindset dengan latar belakang pondasi kejujuran.

   Brigjen Pol. Drs. Srijono, Msi menjelaskan dalam LKMM-TM yang diadakan selasa (07/05) mengenai character building, dimana karakter sendiri terbagi menjadi karakter baik, kurang baik, dan sangat baik. Lalu permasalahannya bagaimana kita sebagai mahasiswa untuk merubah sikap kakarter kurang baik tersebut menjadi karakter yang lebih baik. Hal pertama yang harus diubah adalah mindset atau sering dikenal dengan pola pikir, yang notabene berubahnya pola pikir itu tergantung dari individu masing-masing.

“Harus berubah mulai dari dirinya.” Ungkap Brigjen Pol. Drs. Srijono, Msi sebagai wakil gubernur akademi kepolisian.

  Budaya dan pendidikan akan menjadi faktor terbangunnya sebuah mindset dengan diubahnya pola pikir dari yang sebelumnya sudah tertanam menjadi suatu pola pikir baru yang tentunya berbeda dari yang sebelumnya dimana merubah yang buruk menjadi positif, dan mempertahankan hal yang positif sejak awal.

  Kaitannya dengan character building dengan perilaku mahasiswa yang kini lebih mementingkan nilai daripada ilmu yang didapat merupakan salah satu pencerminan karakter buruk yang terjadi di kalangan mahasiswa. Jika sejak awal mereka sudah diajarkan untuk bagaimana cara mendapatkan nilai yang baik dengan segala cara seperti membeli bocoran soal ujian, menyediakan tim sukses ujian, dan yang paling parah membeli ijazah saat di bangku SLTA. Kebiasaan tersebut akan terbawa sampai jenjang mahasiswa, beliau menyarankan kepada para mahasiswa untuk membuat orientasi pandangan mahasiswa dengan kurikulum yang jelas.

Reporter:Alexander Devanda W

Fotografer dan penulis:Rizky Triyani P

Tinggalkan Balasan