Kirab Budaya suguhkan Ciri Khas Demak

Berita Event Sastra Budaya

Kirab Budaya suguhkan Ciri Khas Demak   Kirab Budaya memperingati Hari Jadi Kabupaten Demak ke 511 berlangsung meriah dengan pawai beragam jenis budaya yang menjadi ciri khas atau ikon Pariwisata Kabupaten Demak. Acara yang mengambil tema “Menuju Masyarakat Demak Yang semakin Sejahtera” ini disaksikan oleh ribuan warga masyarakat Demak yang tumpah ruah di Jalan depan Pasar Bintoro Demak.


Di panggung kehormatan yang terletak di Halaman Pasar Bintoro Demak, tampak hadir Bupati Demak, Drs. H. Dachirin Said, Kapolres Demak, AKBP. R. Setijo Nugroho dan segenap jajaran Muspida Pemerintah Kabupaten Demak hadir dipanggung tersebut. Sejumlah atraksi dari peserta kirab yang ditunjukkan dihadapan Bupati Demak, menuai decak kagum dari Bupati Demak dan semua yang menghadiri acara Kirab tersebut.


Mengambil rute mulai dari Rumah Dinas Sekda Kabupaten Demak berlanjut menuju Panggung Kehormatan di Pasar Bintoro dan berakhir di alun-alun Demak ini, berlangsung sangat semarak. Sebanyak 14 Kecamatan se-Kabupaten Demak dan Kelompok Sanggar Tari, Sekolah dan Grup Kesenian turut menyuguhkan ciri khas dari kecamatan tersebut. Misal saja, atraksi maut Barongan dari Desa Geneng Kecamatan Mijen Demak yang menyuguhkan atraksi mengupas kelapa dengan mulut dan atraksi memakan api. Namun, ada satu atraksi yang disuguhkan Kodim 0716 Makutarama Demak, yakni Atraksi Zippin yang diperagakan langsung oleh Aparat Kodim 0716 Demak tersebut.


Acara yang dihelat sejak pukul 13.30 hingga pukul 16.30 ini diikuti oleh sekitar 30 peserta yang menampilkan beragam kesenian. Adapula peserta kirab dari SMA Negeri 2 Demak yang memberikan kenang-kenangan berupa lukisan dari bahan kompos untuk Bp. Bupati Demak dan peserta kirab asal Kecamatan Mranggen Demak yang memberikan satu buah sangkar burung khusus untuk Bapak Bupati Demak.
Akibat dari dilangsungkannya acara tersebut, arus lalu lintas Jalur Pantura Demak yang melintasi Pasar Bintoro Demak untuk sementara dialihkan melalui Jalur Lingkar Demak untuk Tujuan Kudus hingga Pantura Jawa Timur. Jalur dari SMP Negeri 1 Demak yang menuju Pasar Bintoro Demak untuk sementara ditutup untuk kelancaran acara tersebut.

Reporter : Satrio

 

Tinggalkan Balasan